tugas kewirausahaan “ FAUSTINE KACANG SEMBUNYI ”

  1. Nama dan Alamat Bisnis
Bisnis ini   bernama “Faustine Kacang Sembunyi”, kata Faustine sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti beruntung. Usaha bisnis ini beralamat di Jl. Mayjend S. Parman No. 36 Kendari, Sulawesi Tenggara.
  1. Desain Organisasi

Desain organisasi pada Faustine Kacang Sembunyi yakni menggunakan dua pendekatan antara lain:

  • Pendekaan klasik

Dimana dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini, mempunyai struktur yang berbentuk hierarki yakni orang-orang yang bekerja di dalamnya memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, dan juga dengan adanya bisnis ini dapat mengurangi pengangguran yang ada di Kota Kendari, dimana para pekerja dapat meniti karir dengan adanya usaha Faustine Kacang Sembunyi ini.

  • Pendekatan tugas – teknologi

Dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi juga menggunakan alat teknologi komunikasi dalam memesan bahan baku dan juga memasarkan produk berupa kacang sembunyi menggunakan alat elektronik seperti handphone genggam dan juga laptop.

  1. Visi dan Misi Faustine Kacang Sembunyi

Adapun visi dan misi yang ada di dalam organisasi bisnis Faustine Kacang Sembunyi yakni sebagai berikut:

Visi : Menjadikan Faustine Kacang Sembunyi menjadi cemilan unggul bagi masyarakat Kota Kendari maupun diluar kota Kendari.

Misi :

  1. Menciptakan produk snack sehat dan bergizi yang variatif, inovatif, dengan harga terjangkau .
  2. Menggunakan bahan baku kacang tanah yang berkualitas
  3. Memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen dan menciptakan hubungan yang erat dengan pelanggan.
  4. Bidang Bisnis

Faustine Kacang Sembunyi merupakan usaha perorangan (home industry) yang bergerak pada bidang produksi pengelolaan makanan ringan berupa cemilan kacang sembunyi dan pemasaran makanan ringan yang mengedepankan manajemen, serta berorientasi bahan baku makanan ringan yang sehat. Bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini, bergerak pada bidang industri kecil dimana bisnis ini masih tergolong dalam Usaha Kecil Menengah (UKM).

  1. Keinginan secara spesifik di sisi keuangan, pasar, posisi bisnis di pasar, dan filosofinya

Keinginan di sisi keuangan dalam bisnis ini yakni adanya pengeluaran untuk produksi kacang sembunyi yang setidaknya berimbang dengan pendapatan yang diperoleh, akan tetapi diharapkan pengeluaran yang dikeluarkan untuk produksi kacang sembunyi ini lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan yang nantinya akan diperoleh bagi bisnis ini. Jadi diharapkan adanya keuntungan yang besar bagi bisnis ini.

Segmen pasar yang dipilih dalam bisnis ini yakni pada segmen menengah kebawah, yang terdiri dari anak kecil, remaja, dewasa hingga lanjut usia, dimana keinginan kedepan dari bisnis ini yaitu diharapkan kedepannya akan bisa lebih meluas lagi dan juga sistim penjualannya dapat lebih meluas pula, bukannya hanya dalam lingkup penjualan yang hanya diproduksi kemudian dititip pada kios-kios saja tetapi juga diharapkan penjualannya dapat lebih luas baik di titip pada swalayan-swalayan besar maupun diharapkan penjualannya dapat sampai keluar daerah Kota Kendari.

Posisi bisnis kacang sembunyi ini di pasar yakni masih termaksud bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM). Keinginan kedepannya yang diharapkan dalam bisnis ini bisa berkembang menjadi luas yang dapat di kenal di kalangan masyarakat baik di Kota Kendari maupun di daerah luar Kota Kendari.

Adapun filosofi dari Kacang sembunyi yakni, kacang tanah merupakan makanan yang kaya akan lemak, mengandung protein tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin, dan kalsium. Kacang tanah ini mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beragam jenis kue. Salah satu dari sekian banyak olahan kacang tanah adalah “Kacang Sembunyi”. Belum dapat dipastikan makanan renyah ini berasal dari mana dibeberapa daerah di Indonesia kita dapat menemukan makanan ringan yang unik ini dengan rasa yang manis dan gurih. Kacang sembunyi merupakan makanan ringan berbahan dasar kacang tanah dan tepung terigu namun memiliki cita rasa yang nikmat dan sangat cocok untuk cemilan saat bersantai bagi para konsumen. Kini penggemar kacang sembunyi hampir merata disemua kalangan. Namun untuk produksinya masih sangat sedikit, apalagi akan banyak permintaan saat menjelang Natal, idul Fitri, dan perayaan hari besar lainnya.

  1. Hal-hal lain yang diharapkan

Adapun hal-hal lain yang diharapkan yakni agar bisnis ini dapat meluas lagi serta diharapkan bisnis ini dapat berkembang yakni bisnis ini bisa lebih kreatif dan inovatif lagi dalam mengelola bisnis kacang sembunyi seperti diciptakan kacang sembunyi rasa pedas, asin dan rasa lainnya serta bukan saja kacang sembunyi yang nantinya akan diproduksi tetapi juga diharapkan dapat mengembangkan berbagai jenis makanan ringan lainnya yang dapat bersaing di dunia pasar seperti keripik berbagai jenis dan rasa, makanan ringan dari kacang-kacangan lainnya dan sebagainya.

  1. EXECUTIVE SUMMARY
  2. Latar Belakang Rencana Bisnis, Maksud dan Tujuan

Bisnis ini lahir karena kesukaan pemilik terhadap makanan ringan terlebih lagi kacang sembunyi. Dengan melihat prospek bisnis dari makanan ringan tersebut maka bisnis ini di pilih sebagai bisnis yang digeluti dalam berwirausaha. Makanan ringan merupakan cemilan yang banyak disenangi baik dikalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Alasan lain bisnis ini dipilih yakni karena pemilik melihat peluang bisnis dari kacang sembunyi ini baik, kini penggemar kacang sembunyi hampir merata disemua kalangan. Namun untuk produksinya masih sedikit, apalagi akan banyak permintaan kacang sembunyi saat menjelang Natal, idul Fitri, dan perayaan hari besar lainnya. Inilah alasan berdirinya bisnis “Faustine Kacang Sembunyi”.

Adapun maksud dan tujuan dari usaha bisnis ini, yakni untuk menciptakan makanan ringan yang menyehatkan bagi para konsumen karena diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet makanan, serta Faustine Kacang Sembunyi ini terbuat dari bahan baku yakni kacang tanah yang berkualitas serta mengandung gizi. Adapun maksud dan tujuan lainnya dari bisnis ini yakni dengan adanya bisnis ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga mengurangi pengangguran yang ada di Kota Kendari serta diharapkan kedepannya bisnis ini dapat memperoleh keuntungan yang baik dan juga usaha ini dapat terus berlanjut.

  1. Ringkasan Singkat Rencana Bisnis
  • Pemasarannya

Strategi pemasaran dari bisnis ini selain melalui mouth to mouth kepada relasi, Faustine Kacang Sembunyi dipromosikan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi saat ini. Banyaknya masyarakat yang telah memiliki akun jejaring sosial menjadi salah satu kesempatan untuk mempromosikan produk Faustine Kacang Sembunyi ini baik lewat jejaring sosial, seperti facebook, blackberry messenger, twitter, blog dan e-mail. Fausitine Kacang Sembunyi juga menerima pesanan catering untuk para konsumen baik itu hari-hari biasa maupun pada saat hari-hari besar keagamaan, Faustine Kacang Sembunyi juga ditiipkan pada kios-kios, serta Faustine Kacang Sembunyi juga dijual langsung pada tempat produksinya. Tempat produksi Faustine Kacang Sembunyi ini sangat strategis sehingga membuat konsumen tertarik untuk datang dan kembali lagi memesan produk ini. Target pasar jangka panjang adalah memberikan produk yang inovatif, variatif, bergizi, dan harga terjangkau bagi masyarakat di Kota Kendari.

  • Industri

Pada bisnis yang didirikan ini yakni Faustine Kacang Sembunyi merupakan bisnis yang bergerak pada industri di bidang manufaktur, dimana bisnis ini, merupakan industri kecil.

  • Persaingannya

Adapun persaingan yang diharapkan bagi usaha ini yakni persaingan yang sehat dalam hal ini tidak menjatuhkan usaha-usaha lain yang sejenis.

Analsis SWOT untuk Faustine Kacang Sembunyi
 

SWOT

Terhadap posisi 1

 

Terhadap posisi 2

 

Terhadap posisi 3

 

Terhadap posisi 4

 

Produk Konsumen Pesaing Baru Produk

Pengganti

Strengths (kekuatan usaha) Faustine Kacang sembunyi memiliki rasa yang gurih dan renyah, terbuat dari bahan baku yakni kacang tanah yang berkualitas dan menyehatkan, serta rasanya manis Produk ini disukai oleh semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa sebagai cemilan mereka Pelayanan terhadap konsumen baik dan juga memiliki produk kacang sembunyi yang lumayan enak Selain kacang sembunyi produk yang bisa mengganti produk ini yakni keripik bayam
Weakness (Kelemahan usaha) Rasa kacang sembunyinya terlalu manis Usaha kacang sembunyi ini sekarang sudah banyak pesaingnya Kurang memperhatikan kualitas produk Bila produk keripik bayam ini telah banyak pesaingnya dipasaran
Opportunity (peluang yang bisa diambil) Mencoba mencari serta membuat produk kacang sembunyi yang unik dengan rasayang berbeda dari sebelumya yang dapat disukai oleh para konsumen Melakukan inovasi dan kreasi produk dari kacang sembunyi baik iu dari citra rasa maupun warna seperti kacang sembunyi rasa pedas dan tetap mengutamakan kualitas produk agar konsumen tetap loyal terhadap Faustine Kacang Sembunyi. Harus terus meningkatkan kualias dari produk serta meningkatkan pelayanan terhadap konsumen Memiliki peluang yang baik, bila masih banyak para pembisnis yang belum menggeluti usaha keripik bayam ini.
Threats (ancaman terhadap usaha) Semakin banyak pesaing maka Faustine Kacang Sembunyi harus lebih inovatif dan kreatif, dengan demikian harga dari kacang sembunyi ini dapat pula mengalami kenaikan Persaingan didunia makanan ringan akan semakin ketat dengan begitu maka Faustine Kacang Sembunyi harus terus meningkatkan kualitasnya untuk mengahadapi persaingan tersebut Pesaing baru ini baru akan memasuki dunia pasar jika telah menemukan peluangnya dalam berbisnis dalam bidang makanan ringan Kemungkinan dengan semakin ketatnya persaingan didunia pasar maka tidak dituntut kemungkinan tingkat keuntungan dalam usaha akan mengecil atau menurun
  • Produksinya

Adapun produksi dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini yakni dalam sehari akan diproduksi sebanyak 100 bungkus per minggu dimana satu bungkus kacang sembunyi diberi harga Rp.6.000,-. Adapun sarana prasarana yang digunakan dalam memproduksi kacang sembunyi ini yakni cara pembuatannya masih secara manual hanya pengelolaan adonan saja yang menggunakan mesin yaitu mixer, selebihnya dikerjakan secar manual tanpa bantuan mesin canggih. Dalam memproduksi produk ini dikerjakan oleh empat orang karyawan yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawabnya.

  • Keuangannya

Bisnis Fausine Kacang Sembunyi ini diharapkan pada bagian keuangan hal yang diharapkan yakni agar bisnis ini dapat dikelola dengan baik sehingga dana yang dimiliki oleh bisnis ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga bisnis ini dapa memperoleh laba yang baik bagi pemilik usaha.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • MARKETING PLAN
  • Aspek Kualitas
  1. Company

Hal yang membedakan bisnis Faustine Kacang Sembunyi secara spesifik dengan pesaing yakni bisnis ini merupakan bisnis makanan ringan dimana bisnis ini memiliki keunggulan yakni konsumen banyak yang menyukai produk makanan ringan seperti kacang sembunyi sebagai makanan untuk besantai dan juga bisnis ini banyak yang mencarinya pada saat hari-hari besar keagamaan untuk disajikan pada tamu, dan yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lainnya yakni produk dari bisnis ini sangat mudah dibuat dan juga biaya yang dikeluarkan untuk membuat bisnis ini tidak terlalu mahal, dan produk kacang sembunyi ini dijual dengan harga yang relatif murah.

  1. Product

Hal yang membedakan produk Faustine Kacang Sembunyi ini dengan produk pesaing yakni dari sisi rasa produk dari Faustine Kacang Sembunyi ini memiliki bumbu tambahan yang dijadikan sebagai resep rahasia dari bisnis ini, yakni adanyatambahan parutan bawang putih pada adonan hal ini dilakukan agar rasa kacang sembunyi lebih enak dan gurih, serta dari sisi kesehatan yang membedakan produk dari Faustine Kacang Sembunyi dengan produk pesaing yakni produk dari Faustine Kacang Sembunyi dikemas dengan menggunakan aluminium foil yang dapat membuat kacang sembunyi dapat bertahan lama yakni dua sampai tiga bulan, jadi Faustine Kacang Sembunyi ini baik untuk kesehatan para konsumen karena tidak menggunakan bahan pengawet makanan.

  1. Personnel

Yang membedakan personil dari bisnis Faustine Kacang Sembunyi dengan pesaing yakni dalam proses produksi dari bisnis Faustine Kacang Sembunyi, ada orang yang melakukan pengawasan dalam proses produksi, hal ini dilakukan agar kacang sembunyi yang nantinya akan dijual oleh konsumen memiliki kualitas yang baik, adapun hal-hal yang diawasi yakni dari bahan baku pembuatan kacang sembunyi ini diperiksa dengan baik apakah bahan-bahan yang digunakan berkualitas atau tidak, kemudian pada saat kacang sembunyi ini dibuat pengawas memperhatikan apakah dalam proses produksi para karyawan tetap menjaga kebersihan atau tidak. Faustine Kacang Sembunyi juga menerima catering bagi para konsumen yang ingin memesan dan pesanan tersebut akan diantarkan langsung kepada konsumen. Faustine Kacang Sembunyi sangat memperhaikan kualitas produk bagi para konsumen demi keloyalitasan para konsumen terhadap bisnis ini.

  • Apek Strategi Pemasaran
  1. Market Share

Segmentasi pasar yang dilakukan oleh Faustine Kacang Sembunyi yakni produk dari bisnis ini ditujukan pada golongan ekonomi kelas menengah kebawah dan produk berupa kacang sembunyi ini dapat dikonsumsi oleh segala jenis usia baik dari anak-anak hingga usia dewasa.

Dari segmentasi tersebut adapun targeting yang dilakukan yakni Faustine Kacang Sembunyi memilih segmentasi demografi dari segi pendapatan. Dengan begitu bisnis ini dalam memasarkan produknya melihat kemampuan dari para konsumen dalam membeli produk kacang sembunyi ini. Karena bisnis ini memilih segmen tersebut maka produk dari kacang sembunyi ini memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau untuk para konsumen.

Wilayah pemasaran produk kacang sembunyi ini yakni meliputi seluruh daerah di Kota Kendari dan juga nantinya akan diusahakan agar produk ini dapat di pasarkan baik di dalam Kota Kendari maupun diluar Koa Kendari. Adapun posisi bisnis dari Faustine Kacang Sembunyi ini yani erletak di Jl. Mayjend S. Parman No. 36 Kendari, dimana posisi ini sangat strategis sehingga para konsumen dapat mudah memesan kacang sembunyi ini dengan mudah dikarenakan akses jalan yang relatif mudah dilalui.

  1. Heart Share

Adapun strategi yang digunakan untuk mempererat hubungan antara bisnis dari Faustine Kacang Sembunyi dengan konsumen yakni dengan tetap menjaga kepercayaan konsumen terhadap bisnis ini yakni dalam hal mengutamakan kualitas dari produk kacang sembunyi dan juga memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen dalam melayani mereka karena Faustine Kacang Sembunyi memiliki prinsip bahwa kepuasan konsumen adalah hal yang paling penting dan yang paling utama dalam berbisnis. Semua ini dilakukan untuk menjaga hubungan dari bisnis Faustine Kacang Sembunyi dengan para konsumen agar tejalin kerja sama yang baik dan juga keloyalitasan dari para konsumen tetap terus ada untuk bisnis ini.

  1. Mind Share

Adapun strategi brand yang digunakan dalam bisnis ini yakni bisnis ini diberi brand yakni Faustine, dimana nama ini digunakan agar para konsumen dapat mudah mengingatnya, jadi bisnis ini dinamakan Faustine Kacang Sembunyi.

  • Strategi 6-P
  1. Market Area

Market area dari bisnis ini yakni produk dari Faustine Kacang Sembunyi akan dititip dan dijual pada kios-kios serta dijual langsung pada tempat produksi kacang sembunyi ini yakni pada Jl. Mayjend S. Parman No. 36 Kendari.

  1. Market Share

Adapun market share yang dilakukan dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi untuk strategi promotion yakni dengan cara mulut ke mulut hal ini dilakukan dengan melakukan pendekatan kepada konsumen dengan memberikan rasa puas dari produk kacang sembunyi yang telah diproduksi maka dengan sendirinya konsumen tersebut akan bercerita tentang produk dari bisnis Faustine Kacang Sembunyi kepada rekan-rekan mereka maupun sanak saudara mereka. Selain itu Faustine Kacang Sembunyi juga akan menggunakan teknologi yang telah ada dalam mempromosikan bisnis ini melalui internet dan jejaring sosial seperti, seperti facebook, blackberry messenger, twitter, blog maupun e-mail. Hal ini dilakukan agar Faustine Kacang Sembunyi dapat dikenal dengan baik di masyarakat.

  1. Industry 5-C

Company Profil: Faustine bisnis merupakan bisnis yang belum lama dibentuk, bisnis ini telah berdiri sekitar tiga tahun yang lalu yakni pada tahun 2013. Dengan usia yang demikian, bisnis ini akan dijalankan dengan baik untuk mencapai keberhasilan dalam berbisnis. Bisnis ini merupakan bisnis yang masih bergerak dalam usaha kecil menengah (UKM), dimana pendapatan yang diharapkan minimal Rp. 600.000,- per harinya dengan penjualan yakni minimal 100 bungkus per bulannya, jadi dalam satu bulan dilakukan empat kali produksi, jadi jumlah total produk yang akan dihasilkan per bulan yakni 400 bungkus kacang sembunyi. Jadi pendapatan minimum perbulan yang diharapkan yakni Rp. 2.400.000,-. Dalam menjalankan bisnis ini diharapkan semua karyawan dapat saling membantu satu sama laindalam melayani para konsumen. Faustine Kacang Sembunyi akan memberikan layanan kepada seluruh konsumen dengan kualitas layanan yang terbaik. Kualitas produk, kepuasan konsumen, respon time tercepat merupakan modal utama yang dipegang oleh Faustine Kacang Sembunyi dalam menjalankan bisnis.

Competitor analysis and mapping: adapun analisis pesaing dan pemetaan yang dilakukan oleh bisnis ini yakni Faustine Kacang Sembuyi dalam menjual produknya yakni pada Jl. Mayjend S. Parman No. 36 Kendari, lokasi tersebut merupakan lokasi yang tidak memiliki pesaing berat dimana para pesaing tersebut memiliki kekurangan berupa produk mereka dikemas dengan menggunakan plastik biasa tidak menggunakan aluminuim foil sebagai kemasan untuk produknya, dan juga produk yang dibuat oleh bisnis Faustine Kacang Sembunyi tidak menggunakan bahan pengawet makanan jadi produk ini merupakan produk makanan ringan yang baik untuk kesehatan. Jadi bisnis Faustine Kacang Sembunyi mempunyai andil yang lebih besar dalam menguasai pasar disekitaran lokasi tersebut dibandingkan para pesaingnya.

Customer’s profile and analysis: adapun profil dari para konsumen atau pelanggan dari Faustine Kacang Sembunyi yakni bisnis ini berfokus pada konsumen menengah kebawah yakni melihat dari sisi demografi yakni pendapatan yang dimiliki oleh para konsumen, dimana produk kacang sembunyi akan dipasarkan sesuai dengan segmen pasar yang telah bisnis ini tetapkan. Faustine Kacang Sembunyi akan terus melakukan inovasi-inovasi produk dan juga menyesuaikan rasa sesuai dengan keinginan para konsumen, bisnis ini juga akan mempererat hubungan dengan para pelanggan melalui komunikasi dan juga pelayanan yang baik kepada mereka, hal ini dilakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap Faustine Kacang Sembunyi.

Change driver in the industry: Faustine Kacang Sembunyi akan melakukan strategi perubahan hal ini dilakukan dikarenakan adanya perubahan teknologi, sosial, budaya dan ekonomi yang ada pada masyarakat. Dimana perubahan-perubahan tersebut y dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk berupa kacang sembunyi ini, serta perubahan yang dilakukan tersebut juga bertujuan agar bisnis ini dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Competition: Kompetisi yang akan dilakukan oleh Faustine Kacang Sembunyi merupakan kompetisi dengan persaingan secara sehat, dimana dalam proses mempromosikan produk berupa kacang sembunyi yang dimiliki oleh bisnis ini tidak akan melakukan tindakan yang menjatuhkan produk dari para pesaing. Untuk bersaing secara sehat dengan para pesaing maka Faustine Kacang Sembunyi akan melakukan inovasi kacang sembunyi seperti akan melakukan inovasi pada rasa kacang sembunyi yang berbeda dari biasanya seperti kacang sembunyi rasa pedas dan Faustine Kacang Sembunyi akan melakukan inovasi-inovasi lainnya agar dapat bertahan dalam dunia persaingan bisnis yang nantinya akan semakin ketat.

  1. Marketing Strategi
  • Differentiation strategy

Faustine Kacang Sembunyi mendeferensiasikan produknya berupa kacang sembunyi kepada konsumen, yakni kacang sembunyi yang diproduksi merupakan produk makanan ringan yang sehat, yang dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet makanan, yang merupakan produk berkualitas bagi para konsumennya. Dengan menggunakan kemasan berupa aluminium foil, merupakan salah satu kelebihan dari produk pesaing yang tidak menggunakan aluminium foil sebagai kemasan untuk produk kacang sembunyi mereka. Bahan baku yang digunakan juga pada produk kacang sembunyi ini yakni kacang tanah merupakan bahan baku yang berkualitas, yang dipersiapkan bagi para konsumennya untuk meningkatkan mutu dari produk Faustine Kacang Sembunyi ini.

  • Segmentasi, targeting, and positioning stategy

Segmentasi dari bisnis Fausine Kacang Sembunyi ini yakni konsumen mengengah kebawah, adapun targeting dari segmentasi ini yakni segemntasi demografi dari segi pendapatan. Dimana positioning strategy yang dilakukan yakni, produk berupa kacang sembunyi dari bisnis ini dipasarkan pada tempat yang strategis dimana Faustine Kacang Sembunyi ini meliha kemampuan dari para konsumen dalam membeli produk kacang sembunyi ini. Karena bisnis ini memilih segmen tersebut maka produk dari kacang sembunyi ini memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau untuk para konsumen yakni senilai Rp. 6.000 per bungkusnya.

  • Branding, process, and services strategy

Pada branding produk dimana diharapka dapat menyenangkan konsumen dan juga selalu diminatioleh para konsumen sebagai cemilan kesukaan mereka. Dan juga diharapkan pada proses produksi dilakukan dengan baik oleh para karyawan dalam hal pemilihan bahan baku yang berkualitas serta membuanya dengan baik sehingga kebersihan dan mutu dari produk kacang sembunyi tersebut terjamin.

  • Marketing communication

Adapun marketing communication di dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi yakni produk kacang sembunyi yang telah diproduksi kemudian akan dipromosikan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis ini. Hal-hal yang dilakukan untuk mempromosikan produk berupa kacang sembunyi tersebut yakni adanya promosi dari konsumen sendiri dengan metode mulut ke mulut agar informasi tentang produk ini dapat tersebar kepada kerabat dan sanak saudara dari konsumen tersebut, selain itu Faustine Kacang Sembunyi dipromosikan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi saat ini. Banyaknya masyarakat yang telah memiliki akun jejaring sosial menjadi salah satu kesempatan untuk mempromosikan produk Faustine Kacang Sembunyi ini baik lewat jejaring sosial, seperti facebook, blackberry messenger, twitter, blog dan e-mail. Hal-hal dalam promosi produk berupa kacang sembunyi tersebut dilakukan agar produk tersebut dapat diketahui dan dikenal oleh masyarakat luas baik masyaraka yang ada di Kota Kendari maupun masyarakat yang ada diluar Kota Kendari.

  • Marketing mix (6-P)

Product. Faustine Kacang sembunyi merupakan suatu Usaha Kecil Mnengah yang memproduksi sebuah produk yakni Kacang Sembunyi. Selain menjual dan menitipkan produk ini pada kios-kios, bisnis ini juga menerima pesan antar dan juga catering dari para konsumen.

Price. Adapun harga yang ditetapkan oleh bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini mer,upakan harga yang relatif murah untuk para konsumennya yakni satu bungkus kacang sembunyi seharga Rp. 6.000,-.

People. Di dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini memiliki kriteria bagi para karyawannya yakni, mereka harus memiliki kejujuran ynag tinggi, bertanggung jawab, disiplin, dan juga dapat menjalankan tugasnya dengan baik, serta mengutamakan kualitas produk demi tercapainya suatu harapan dalam bisnis ini yakni kepuasan konsumen.

Promotion. Strategi promosi yang dilakukan oleh Faustine Kacang Sembunyi untuk mendapatkan konsumen sebanyak mungkin sesuai dengan harapan dari bisnis ini yakni dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini seperti yang diketahui pada era modern ini sudah banyak masyarakat yang memiliki jejaring sosial hal ini merupakan suatu kesempatan emas bagi bisnis ini untuk mempromosika produk berupa kacang sembunyi lewat jejaring sosial tersebut seperti facebook, blackberry messenger, twitter, blog dan e-mail. Adapun cara lain untuk mempromosikan bisnis ini yakni dengan mulut kemulut dari para pelanggan ataupun konsumen dari produk yang dimiliki oleh bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini.

Place. Bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini memiliki tempat yang stategis, dimana tempat produksi produk digunakan juga sekaligus sebagai tempat menjual, dimana Fasustine Kacang Sembunyi ini beralokasi didepan jalanan umum yang merupakan tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Profit. Adapun keuntungan yang dihaarapkan dari adanya bisnis ini yakni minimal Rp. 1.000.000,- per bulannya. Dengan proses produksi kurang lebih 2 jam perhari.

  1. Service and Guarantee

Adapun layanan dan jaminan yang diberikan oleh bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini yakni, bisnis ini dalam memberikan layanan kepada konsumen memberikan layanan yang baik dan juga yang dapat memuaskan para konsumen dimana Faustine Kacang Sembunyi ini menerima pesan antar kepada konsumen yang ingin membeli produk berupa kacang sembunyi ini, dan Faustine Kacang Sembunyi ini juga menerima catering dari konsumen baik itu hari-hari biasa terlebih lagi pada hari-hari besar keagamaan seperti natal, idul fitri, dan hari besar keagamaan lainnya, dimana semua itu dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan juga karyawan dari Faustine Kacang Sembunyi ini akan memberikan pelayanan yang ramah kepada konsumen agar mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Kemudian juga jaminan yang akan diberikan oleh Faustine Kacang Sembunyi kepada konsumen yakni jika ada produk yang kemasannya rusak misalnya dikemas tidak dengan rapat maka Faustine Kacang Sembunyi bersedia untuk menggantikan rugi produk tersebut yakni dengan menggantikan produk yang kemasannya telah rusak tersebut atau dengan mengembalikan uang dari konsumen tersebut.

  1. Activity and Process

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta proses produksi dari kacang sembunyi yakni dijabarkan sebagai berikut:

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kacang sembunyi yakni:

  • 1 kg terigu
  • 1/2 kg kacang tanah
  • 1/2 kg gula pasir
  • 4 butir telur
  • Mentega secukupnya
  • Minyak goreng

Dan alat-alat yang digunakan dalam produksi kacang sembunyi yakni alat press, alat penggiling, pisau, kompor, kuali, sude,irus, aluminium foil, tirus, katepi, dan wadah.

Proses produksi atu cara pembuatan kacang sembunyi ini yakni dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Berikut ini adalah Cara Membuat Faustine Kacang Sembunyi :

  1. Campur terigu, telur, mentega, garam, air secukupnya. Dan Usahakan agar tidak terlalu lembek.
  2. Giling adonan setebal 1/4cm.
  3. Potong persegi 2x3cm
  4. Ambil sebutir kacang, taruh di sudut potongan adonan. Gulung menyerong.
  5. Lakukan hingga adonan & kacang habis
  6. Panaskan 1 liter minyak, masukkan 1 sendok gula pasir, biarkan cair. Goreng kira-kira 8 potong, goreng hingga kecokelatan.
  7. Kemudian dinginkan sejenak, setelah itu kacang sembunyi dikemas dengan mengunakan aluminium foil
  8. Faustine kacangg sembunyi siap untuk dijual

Setelah proses produksi dilakukan kemudian, kegiaan berikutnya adalah memasarakan produk-produk yang telah siap jual kemudian didistribusikan kepada konsumen.

  1. Pricing Strategi

Break Event Point (BEP) Pricing:

Rumus :

BEP =  VC x Q + FC

Q

Keterangan:

VC = Variabel Cost

Q   = Volume penjualan

FC = Fixed Cost

Berikut perhitungan Break Event Point (BEP) pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi yakni sebagai berikut:

Dalam satu sebulan diasumsikan:

Kapasitas produksi : 400 unit (Q)

Variabel Cost        : Rp. 50,-/ unit

FC                         : Rp. 850.000,-

Maka BEP produksi pada usaha Faustine Kacang Sembunyi yakni:

BEP =  Rp. 50 x 400 + Rp. 850.000    = Rp. 2.175 unit

400

  1. BISNIS YANG TUJUANNYA MENJUAL PRODUK

Ada dua jenis bisnis yakni (1) menjual produk (barang) dengan basisi produksi dan (2) menjual produk (barang) tanpa melakukan proses produksi.

Faustine Kacang Sembunyi merupakan suatu bisnis yang berorientasi menawarkan dan menjual produk berupa barang yaitu menjual produk (barang) dengan basis produksi. Berikut merupakan skema konsep bisnis berbasis produksi untuk bisnis Faustine Kacang Sembunyi:

Bisnis ini merupakan bisnis yang bergerak pada industri di bidang manufaktur dimana bisnis ini merupakan industri kecil. Adapun aktivitas yang dilakukan dalam bisnis ini yakni dimulai dengan pemasok memasokan bahan baku kedalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi kemudian bahan baku yang telah ada tersebut diproses dan diolah hal ini dinamakan proses produksi. Setelah diproduksi kacang sembunyi ini kemudian dikemas dan dipasarkan kemudian didistribusikan kepada konsumen. Semua proses diatas merupakan bisnis dengan basis produksi secara penuh yang dimulai dari produksi hingga pemasaran dan didistribusikan kepada konsumen.

  1. PERSEDIAAN

Adapun cara menghitung jumlah pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini yakni dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ), metode ini bertujuan untuk menentukan berapa jumlah pembelian yang paling ekonomis untuk dilakukan dalam setiap kali pembelian.

Rumus dari Economic Order Quantity (EOQ) yakni sebagai berikut:

Dimana:

Q = jumlah pemesanan yang minimal setiap kali pesan

R = kebutuhan baku baku dalam satu tahun

O = biaya pesan untuk setiap kali

C = biaya simpan per satuan unit dalam satuan waktu tertentu

Dengan melihat bahwa produk kacang sembunyi ini di targetkan di produksi dalam jumlah yang cukup banyak yakni sebanyak 400 bungkus perbulannya, maka diperlukannya perhitungan persediaan bahan baku yakni kacang tanah agar bahan baku untuk produksi kacang sembunyi tersebut tidak kosong atau kehabisan, berikut perhitungan Economis Order Quality pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi pada persediaan kacang tanah yakni sebagai berikut:

R = 2500 Kg kacang tanah/ tahun

Biaya pesan (O) = Rp 30.000/unit

Biaya simpan (C) = Rp. 500/unit

Maka

Jadi, jumlah yang ekonomis adalah 550 Kg kacang tanah dalam sekali pesanan. Sedangkan jumlah pemesanan dalam satu tahun adalah jumlah pemesanan dalam satu tahun yang dibagi jumlah sekali pesannya adalah sebagai berikut

Sedangkan panjang siklus pemesanan pada bisnis yang didirikan ini dalam hal ini Faustine Kacang Sembunyi adalah sebagai berikut:

= 79 hari (dimana harus segera order atau minimal 79 – 3 =   76 hari)

Untuk menghitung total biaya dari persediaan dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi diperlukan terlebih dahulu untuk menghitung biaya pesan dan juga biaya simpan yang akan dijabarkan sebagai berikut:

  • Total Biaya Simpan [Total Order Cost (Tco)]

TCo = luas segitiga biaya pesan

TCo = 1 luas alas x tinggi

2

TCo = 1 Q x H = Q H

2                   2

TCo = Q H

2

Dimana dalam hal ini biaya pesan tergantung dari jumlah produk yang dipesan

Berdasarkan rumus diatas, maka bisnis Fautine Kacang Sembunyi, menghitung total biaya pesan adalah sebagai berikut:

TCo =

=

= Rp. 4.825.000,-

Jadi, total biaya pesanan pada perusahaan sebesar Rp. 4.825.000,-per pesanan.

  • Total Biaya Simpan (TCc)

Total biaya simpan adalah luas segitiga dari grafik biaya simpan, yaitu:

TCc = 1 Q Sc

2

TCc = Q Sc

2

Berdasarkan rumus diatas, maka perusahaan menghitung total biaya simpan adalah sebagai berikut:

TCc =

=

= Rp. 137.500,-/pesan

Jadi, total biaya pesanan pada perusahaan sebesar Rp. 137.500,- per pesanan.

  1. HARGA

Harga adalah penetapan posisi pasar. Dimana dalam pasar harga yang murah berarti segmen pasarnya untuk kalangan menengah ke bawah sedangkan harga premium untuk segmen pasar kalangan menengah ke atas. Dalam Bisnis ini menggunakan ada dua metode yang digunakan untuk penentuan pasar yakni harga berdasarkan harga pasar serta harga berdasarkan biaya. Berikut perhitungan dua metode tersebut yakni:

  • Harga Berdasarkan Harga Pasar (Price based market)

Adapun harga pasar didalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi yang dilihat dari aspek persaingan antara produk Faustine Kacang Sembunyi dengan produk pesaing yang ditawarkan kepada para konsumen yang ada dipasar, yakni dijabarkan sebagai berikut:

Harga pesaing                                        = Rp. 6.500/ bungkus

Harga yang diharapkan konsumen        = Rp. 6.000/ bungkus

Setelah Fausine Kacang Sembunyi memperoleh data tersebut maka bisnis ini melakukan perhitungan-perhitungan agar harga yang diharapkan oleh konsumen tersebut dapat terwujud tanpa perlu mengurangi kualitas dari produk kacang sembunyi. Adapun struktur harga bahan baku yang berbeda yakni:

Biaya bahan baku = Rp.3.000/bungkus        (sebelumya RP.3.500/bungkus)

Biaya overhead     = Rp.1.500/bungkus       (sebelumnya Rp.1.200/bungkus)

Biaya tenaga kerja = Rp1.000/bungkus  + (sebelumnya Rp.1.500/bungkus) +

Total biaya     = Rp.5.500/bungkus      (sebelumnya Rp.6.200/bungkus)

Target laba           = Rp.500/bungkus      + (sebelumnya Rp.300/bungkus) +

Harga jual       = Rp.6.000/bungkus     (sebelumnya Rp.6.500/bungkus)

Dari data-data diatas dapat diperoleh harga jual produk dari bisnis Faustine Kacang Sembunyi harga jual dari produk yang baru yaitu Rp.6.000/ bungkus dimana harga tersebut kurang dari Rp.6.500/ bungkus dimana produk dari Faustine Kacang Sembunyi ini diharapkan dapat laku di pasaran.

  • Harga Berdasarkan Biaya (Price based cost)

Adapun perhitungan harga berdasarkan biaya produksi pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini yakni diperkirakan perhitungan ini memiliki risiko yakni kemungkinan besar hargaynag akan ditawarkan bisa menjadi lebih tinggi dari harga produk yang dimiliki oleh pesaing.

Berikut penetapan harga berdasarkan biaya dapat diilustrasikan dengan dua cara strategi yang berbeda, yakni sebagai berikut:

Uraian COST APPROACH

TO PRICING

(Rp/gelas)

Dari produksi untuk harga pasar PRICING TO THE MARKET (Rp/gelas) Dari acuan pasar untuk produksi KETERANGAN
Biaya bahan baku 3.500 3.000 Inovasi pada bahan baku
Biaya overhead 1.200 1.500 Biaya R&D lebih tinggi
Biaya Tenaga Kerja 1.500 1.000 Biaya tenaga kerja lebh rendah
Total Biaya 6.200 5.500
Target Keuntungan     300    500 ∆ = 50
Rencana harga jual 6.500 6.000 Keuntungan lebih besar
Info. Harga Pesaing 7.000 7.000 Diasumsikan harga rata-rata di pasar
Keterangan: Laku Lebih laku karena lebih rendah harganya

Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa strategi harga berdasarkan pasar akan lebih efektif dibanding dengan strategi lainnya.

  • LAPORAN KEUANGAN
  • Laporan Laba Rugi

Adapun laporan laba rugi dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi yakni  adalah sebagai berikut:

Faustine Kacang Sembunyi

Laporan Laba Rugi

(Dalam Rupiah)

Perkiraan 31 Desember 2014 31 Desember 2013
Penjualan Rp. 248.000.000,- Rp. 129.000.000,-
Harga Pokok Penjualan    (Rp. 220.000.000,-) (Rp. 104.300.000,-)
Laba Bruto Rp.     28.000.000,- Rp.     24.700.000,-
Biaya Operasional:
Biaya Penjualan     (Rp.       750.000,-)      (Rp.       700.000,-)
Biaya Administrasi dan Umum    (Rp.         450.000,-)     (Rp.       450.000,-)
Total Biaya Operasional      (Rp.   1.200.000,-)      (Rp.   1.150.000,-)
Laba Sebelum Pajak          Rp.   26.800.000,-        Rp. 23.550.000,-
Pajak (10%)          (Rp.   2.680.000,-)          (Rp.     2.355.000,-)
Laba Setelah Pajak          Rp. 24.120.000,-     Rp.  21.195.000,-
  • Laporan Neraca

Adapun laporan keuangan perusahaan pada laporan neraca adalah sebagai berikut:

Faustine Kacang Sembunyi

Neraca

(Dalam Rupiah)

Perkiraan 31 Desember 2014 31 Desember 2013
AKTIVA
AKTIVA LANCAR
Kas Rp. 30.000.000,- Rp. 27.000.000,-
Persediaan Rp.   2.500.000,- Rp.   2.200.000,-
Total Aktiva Lancar Rp. 32.500.000,- Rp. 29.200.000,-
AKTIVA TETAP
Bangunan Rp.   6.000.000,- Rp. 8.000.000,-
Peralatan Rp.   1.200.000,- Rp.   1.300.000,-
Perlengkapan Rp.   1.600.000,- Rp.   1.800.000,-
Penyusutan (Rp.     2.530.000,-)      (Rp.   2.500.000,-)
Total Aktiva Tetap Rp.   6.270.000,- Rp. 8.600.000,-
TOTAL AKTIVA Rp. 38.770.000,- Rp. 37.800.000,-
 
PASSIVA
Hutang Dagang Rp.   10.000.000,- Rp. 9.600.000,-
Modal Sendiri Rp. 25.400.000,- Rp. 25.400.000,-
Laba di tahan Rp.   3.370.000,- Rp.   2.800.000,-
TOTAL PASSIVA Rp. 38.770.000,- Rp. 37.800.000,-
  1. ANALISA LAPORAN KEUANGAN

Analisa laporan keuangan pada dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi yakni di klasifikasikan sebgai berikut:

  • Analisa Likuiditas

Analisis likuiditas merupakan salah satu alat analisis keuangan yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang jangka pendeknya dengan adanya aktiva lancar yang dimiliki perusahaan. Berikut analisis pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi:

  • Current Ratio (CR) = Current Asset    =  Aktiva lancar    

Current Libilities         Utang Lancar

Berikut perhitungan Current Ratio pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi, yang dilihat dari Neraca, yakni:

CR = Rp. 32.500.000,- = 3,25 x

Rp.   10.000.000,-

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini memiliki kemampuan untuk membayar hutang jangka pendeknya sangat baik, dimana dari perhitungan Curren Ratio nya menunjukkaan hasil lebih dari 1.

  • Quick Ratio =   Aktiva lancar – Persediaan

Hutang lancar

Berikut perhitungan Quick Ratio pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi, yakni:

Quick Ratio = 32.500.000   – 2.500.000  = 3

10.000.000,-

  • Cash Ratio

= 3

  • Analisa Struktur Keuangan

Analisis struktur keuangan menggunakan analisis solvabilitas atau leverage yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi segala kewajiban finansialnya seandainya perusahaan tiba-tiba mengalami kesulitan likuiditas dan kemudian dilikuidasi.Pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi analisis struktur keuangan dihitung dengan menggunakan beberapa analisis keuangan dengan perhitungan sebagai berikut:

  • Debt Ratio (rasio utang)

Dimana dalam Neraca pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi Debt Ratio dapat dihitung yakni:

  • Debt to equity ratio

Dimana dalam Neraca pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi Debt to equity ratio dapat dihitung yakni:

  • Times Interest Earned (TIE) = rasio laba dengan beban bunga

Pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi tidak memperhitungkan times interest earned selama dua tahun dikarenakan bisnis ini tidak melakukan pinjaman kepada pihak bank sehinga dalam laporan keuangan pada bisnis ini tidak terdapat pembayaran bunga.

  • Analisis aktivitas perusahaan

Analisis pada rasio aktivitas perusahaan merupakan salah satu rasio yang menganalisis laporan keuangan yang menunjukkan aktivitas yang mengukur pada seberapa besar keefektifan perusahaan dalam memanfaatkan semua sumber daya yang ada pada pengendaliannya. Pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini analisis aktivitasnya dihitung dengan menggunakan beberapa rasio, yakni:

  • Rasio perputaran persediaan (invenory turn-over)

= 14,67 x

Dari laporan Neraca dan laporan laba rugi didapat:

  • Investory Turnover Ratio (at market)

Rasio di atas mengukur efisiensi pengendalian persediaan barang yang di beli untuk dijual kembali, sehingga dapat diketahui seberapa besar efisiensi operasional dalam menginvestasikan modalnya dalam sisi persediaan yang ada pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini.

  • Analisis Penilaian Pasar

Pada bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini, perusahaan tidak menganalisis laporan keuangan pada penilaian pasar dikarenakan, modal pada Faustine Kacang Sembunyi ini merupakan seratus persen berasal dari modal sendiri sang pemilik bisnis. Serta bisnis ini juga merupakan bisnis yang erbilang masih industri kecil yang hanya memproduksi untuk wilayah loal saja bukan merupakan perusahaan go public. Seperti yang diketahui analisis penilaian pasar merupakan suatu bisnis yang digunakan pada perusahaan-perusahaan go public yang berada pada industri besar.

  1. STRATEGI MEMETAKAN KUALITAS DAN HARGA UNTUK MENGETAHUI POSISI PRODUK DI PASAR

Adapun strategi memetakan kualitas dan harga untuk mengetahui posisi produk di pasar yang ada dalam bisnis Faustine Kacang Sembunyi yakni dilakukan dengan melihat persaingan yang ada di dunia pasar.

Dimana untuk mengetahui hal tersebut bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini melakukan sebuah riset dan survei terhadap produk-produk para pesaingnya, adapun data-data yang diperoleh dari hasil riset dan survei yang telah dilakukan yakni sebagai berikut:

  • Harga yang tertinggi yakni pada produk dari pesaing yakni Kacang Sembunyi Merpati dengan harga per bungkus Rp 8.500,- dan yang terendah adalah Rani Kacang Sembunyi yakni dengan harga Rp 5.000,- per bungkusnya
  • Kualitas yang ada dan dikenal dari produk para pesaing yang beroperasi pada lokasi jalan yakni pada Jl. Mayjend S. Parman, yakni sebagai berikut:

No

Nama Produk

Kualitas

Kode

Harga / bungkus

Sangat Bagus

Bagus

Biasa

1

Kacang Sembunyi Merpati

ü

³

Rp. 8.500,-

2

Kacang Sembunyi Kita

ü

Rp.7.000,-

3

Rani Kacang Sembunyi

ü

Rp.5.000

Rencana Posisi Produk Faustine Kacang Sembunyi
4 Faustine Kacang Sembunyi ü

Rp. 6.500

Adapun rencana pada 2 tahun yang akan datang, Faustine Kacang Sembunyi harus menempati posisi di atas dari produk pesang yakni Kacang Sembunyi Kita dan harga dari produk Faustine Kacang Sembunyi kira-kira naik 8-10% dari harga saat ini sehingga bisnis ini bisa menjaga kualitas dan juga kuantitas karena pengembangan dan kualitas yang bagus membutuhkan biaya yang yang relatif tinggi. Dimana hasilnya dapat dilihat dari tanda panah pada gambar di atas. Kemudian rencana selanjutnya yang akan dibuat oleh bisnis Faustine Kacang Sembunyi ini adalah rencana bisnis untuk rencana jangka pendek 2-4 tahun dan rencana bisnis jangka panjangnya adalah 4-8 tahun mendatang dengan perubahan-perubahan strategi baik itu perubahn strategi dari struktur organisasi, desain, organisasi, promosi pemasaran, pelatihan, perencanaan program-program bisnis, inovasi-inovasi produk yang dapat memuaskan para konsumen, serta adanya kemungkinan bisnis ini akan mencoba bergerak di bisnis usaha lainnya selain makanan ringan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. USAHA YANG AKAN DIBENTUK DI KAMPUS

Adapun rencana usaha yang penulis akan dirikan di kampus yakni usaha warung makan dan minuman. Adapun alasan penulis memilih untuk terjun dalam usaha dibidang kuliner, yakni karena penulis melihat bisnis usaha makanan merupakan suatu usaha yang terus dicari oleh konsumen. Seperti yang kita ketahui manusia membutuhkan makanan juga minuman dalam beraktifitas oleh karena itu alasan penulis memilih bisnis juga dikarenakan peluang yang ada dalam bisnis warung makan dan minuman ini memiliki peluang yang lumayan baik dan juga mendatangkan keuntungan.

Adapun rencana-rencana yang akan penulis gunakan dalam bisnis usaha warung dan makan dan ini yakni, pertama saya akan memberi nama warung makan dan minuman ini yakni “Istana Warung Makan dan Minuman” adapun visinya adalah “menjadi warung makan dan minuman yang terdepan dan memuaskan di mata konsumen” dan misinya adalah: (1) menciptakan Makanan dan Minuman yang sehat dan bermutu, (2) menggunakan bahan baku makanan yang berkualitas, dan (3) memerikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Istana Warung Makan dan Minuman ini akan beropersi di H.E.A Mokodompit No. 1 Anduonohu, Kendari yang beralokasi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Adapun fasilitas-fasilitas yang akan disediakan didalam Istana Warung Makan dan Minuman ini yakni Kursi yang empuk, meja, jaringan wifi, satu unit televisi, dan kipas angin disetiap sudut ruangan jadi bisnis ini saangat memperatiakn kebutuhan mahasiswa agar mereka dapat merasa puas dengn warung makan dan minuman ini. Dan Istana Warung Makan dan Minuman juga akan melayani catering, dimana hal ini diadakan untuk aktivitas-aktivitas dikampus yang membutuhkan makanan paket, seperti seminar-seminar, rapat mahasiswa dan dosen, kegiaan lomaba dan bakti sosial, hingga yang rutin dilakukan adalah wisuda.

Istana Warung Makan dan Minuman ini akan menyediakan menu-menu yakni mulai dari makanan berat seperti makanan prasmanan, nasi kuning dan nasi goreng, Kemudian makanan semi berat seperti mie ayam, pop mie, mie rebus, bakso, dan gado-gado, tidak hanya itu warung makan dan minunan ini juga menyediakan makan ringan untuk para konsumennya. Sedangkan untuk minuman seperti air mineral, es teh, es jeruk, es pisang ijo, es doger, es buah, dan minuman lainnya.

Adapun strategi yang akan dilakukan dalam usaha Istana Warung Makan dan Minuman ini, yakni dari segi pemasaran dimana saya selaku pemilik usaha memilih untuk mengambil segmentasi pasarnya adalah segmenasi demografi, dimana segmentasi targetingnya adalah dari segi pendidikan, dimana positioningnya adalah para mahasiswa di Universitas Halu Oleo terlebih khusus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Adapun pesaing usaha sejenis yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah kantin. Dimana bisnis Istana Warung Makan dan Minum ini akan bersaing secara sehat dengan kantin yang telah lebih dahulu berbisnis di lokasi tersebut.

Untuk mempromosikan bisnis warung makan dan minuman ini yakni dilakukannya metode mulut ke mulut dan juga, brosur-brosur kepada para konsumen agar mereka mengetahui Istana Warung Makan dan Minuman ini seperti apa dalam hal ini makanan dan minumannya, pelayanannya, serta fasilitas-fasilitas yang ad di warumg makan ini. Adapun kriteria-kriteria para pegawai dalam bisnis ini yakni harus memiliki kejujuran, memiliki rasa tanggung yang tinggi, disiplin, ulet, ramah kepada konsumen, dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.,

Demikianlah rencana untuk membangun usaha di kampus yakni pada lokasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang dapat penulis jabarkan di atas, adapun nantinya ide-ide yang saya tuangkan di atas akan terlaksana sesuai dengan izin dan kehendak dari yang Maha Kuasa.

 

Tinggalkan komentar